Sekolah-sekolah Regina Caeli dikelola oleh Yayasan Bina Muda Regina (YBMR). YBMR berkedudukan di Perumahan Metland Transyogi, Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

1.   Berdirinya YBMR
  YBMR didirikan atas kerjasama antara tim ReginaCaeli EduCansulting yang sudah berpengalaman menyelenggarakan sekolah-sekolah sebelumnya dan yang memegang perangkat lunak penyelenggaraan pendidikan pra sekolah sampai pendidikan menengah umum dengan tim pendukung investasi fisik pendidikan. Berdirinya YBMR dikukuhkan dengan Akta Pendirian Yayasan nomor 08 tanggal 23 Maret 2009, sebagaimana telah diperpanjang dengan Akta Notaris nomor 01 tanggal 09 November 2016, yang tercatat dalam lembaran negara berdasarkan SK MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA REPUBLIK INDONESIA NOMOR: AHU – 922.AH.01.04.Tahun 2011 dengan nama Yayasan Bina Muda Regina.  Rancang bangun Sekolah yang didirikan dan yang sekarang serta seterusnya berlangsung adalah sekolah nasional plus multi agama dan latar belakang, dengan kurikululum global untuk Bahasa Inggris, Matematika, dan Sains.
2. Para pendiri, yang sekaligus sebagai tim Organ Yayasan, adalah:

· Pembina Yayasan: Robert Willim (Ketua), No Nie (Wakil Ketua), Ronald W. (Anggota)

· Pengawas Yayasan: R. Wahyu Widayat (Ketua), B. Waris Nugroho (Wakil Ketua), Eddy (Anggota). Pengawas Yayasan Bina Muda Regina tidak terlibat penuh dan sehari-hari aktif sebagai eksekutif di BCA dan eksekutif Yayasan di sekolah-sekolah Tarsisius, serta staf Pengajar FKIP Universitas Atmajaya, Jakarta.

· Pengurus Yayasan: A. Abel M., S.Pd., MMSI (Ketua), Benny W. (Sekretaris), Waldheim W. (Bendahara), Agustinus Priyowidodo, S. Pd., MM (Anggota), dan Esti Budiasih (Anggota). Pengurus Yayasan  merupakan sekaligus Pelaksana Harian Yayasan yang aktif penuh. Ketua Pengurus Yayasan Bina Muda Regina sebelumnya adalah Ketua Pengurus Yayasan Stella Maris Jakarta, dan eksekutif Kantor Pusat Yayasan Tarakanita. Sekretaris dan Bendahara Yayasan adalah lulusan Monash University, Australia, dalam bidang business penyelenggaraan organisasi dan IT. Adapun anggota Pengurus Yayasan, berturut-turut sebelumnya merupakan Direktur Pelaksana Harian Yayasan Pendidikan Stella Maris dan staf Keuangan Bank BCA.

 
Latar Belakang Berdirinya Pendidikan Regina Caeli

     Kehadiran Sekolah Regina Caeli adalah sebuah upaya membebaskan dunia dari berbagai kemerosotan nilai kehidupan umumnya dan mempersiapkan generasi muda khususnya menuju terbentuknya pribadi pemimpin yang mampu menjadi agen pembaharu dunia di masa yang akan datang.

       Seiring semakin kaburnya tatanan nilai kehidupan manusia, semakin tumpulnya hati nurani, semakin kuatnya tantangan pembangunan moralitas, semakin rusaknya alam lingkungan, serta semakin ketatnya persaingan hidup karena dampak kepadatan dan persaingan global, maka Sekolah Regina Caeli merupakan perwujudan panggilan hati nurani untuk membantu mengantar generasi muda ke gerbang kehidupan yang lebih baik dengan mengedepankan nilai-nilai humanisme universal yang berakar pada budaya bangsa, diperkokoh dengan pengembangan iman dan ketaqwaan sesuai ajaran agama masing-masing subjek didik, melalui pelayanan pendidikan yang sejati dan aman. Kesejatian dan keamanan pendidikan menjadi inspirasi utama penyelenggaraan pendidikan Regina Caeli karena di tengah dunia yang serba tak menentu dewasa ini, generasi muda senantiasa dihadapkan pada berbagai pilihan nilai yang menyesatkan (tidak aman) di satu pihak dan kehilangan pegangan di pihak lain karena pengaruh kapitalisme global yang ikut merasuk ke dalam dunia pendidikan yang seharusnya merupakan pembebasan manusia (pendidikan sejati).

      Dampak kepadatan di tanah air, terutama di kota besar dan pinggiran kota, sebagaimana di dunia ketiga pada umumnya, sudah menggeser berbagai tatanan ke arah dekadensi nilai. Watak dan tabiat manusia sudah perlahan tapi pasti bergeser dari nilai kejujuran ke arah menghalalkan segala cara; dari kelemahlembutan ke arah kekerasan memperebutkan peluang, antrian, kemacetan, dan persaingan. Yang tidak kalah penting adalah bagaimana generasi penerus bangsa ini menempatkan diri di tengah arus ketidakmenentuan seperti absolutisme, ekstrimisme di satu sisi dan nilai-nilai leluhur kebangsaan di sisi lain. Tontonan sandiwara mafia hukum, korupsi, sensasi dangkal dan gaya hidup selebritis, serta ketumpulan hati nurani mendominasi berbagai media yang tentu saja merupakan perusakan persepsi dan keyakinan anak-anak dan remaja terhadap nilai kebenaran. Saling menjatuhkan dan menyakiti orang atau golongan yang tidak sependapat, tidak sepaham, dan tidak sealiran seolah dibenarkan. Di sisi lain, media komunikasi dan hiburan semakin mengebiri muatan pendidikan, terutama dengan minimnya acara dan tontonan dunia anak-anak. Anak-anak TK dan SD sudah diperkenalkan dengan dunia remaja dan dewasa secara prematur. Lebih dari itu, anak-anak di daerah pinggiran dan luar kota praktis tidak mendapat pendampingan orangtua, pendidik pertama dan utama, karena para orangtua harus menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari nafkah dan menempuh perjalanan ke dan dari pusat kota.

    Kondisi masyarakat luar dan pinggiran kota juga melanda Cileungsi dan sekitarnya. Oleh karena itu, kehadiran Regina Caeli di Cileungsi adalah riakan kecil untuk menjawab samudera raya persoalan kemanusiaan tersebut. Di atas segala-galanya, Regina Caeli menjunjung tinggi pengejaran keseimbangan perkembangan peserta didik dalam hal spiritual (soul), sosial-emosional (heart), pikiran (mind), dan kecerdasan fisik/kinestetika (physical). Keempat pilar hidup pribadi manusia itu adalah area kunci di mana kita harus menjaga keamanan dan kesejatian pendidikan, menuju peradaban kemanusiaan yang lebih bermartabat. Karena itu, sekolah Regina Caeli dikembangkan sebagai miniatur tata dunia baru yang lebih berlartabat, dengan semangat dasar berikut ini.

1.1 Visi (who we are)

 Dalam semangat pendidikan yang hakiki, Sekolah Regina Caeli adalah tempat persemaian sejati bagi generasi muda untuk menjadi pembaharu dunia yang lebih bermartabat. Rumusan visi diteruskan masing-masing jenjang dengan penekanan pada persiapan peserta didik untuk siap bertumbuh dan berkembang pada jenjang belajar berikutnya (dari TK ke SD, SD ke SMP, dan SMP ke SMA, serta menuju pilihan perguruan tinggi impian bagi lulusan SMA).

 

1.2 Misi (what we are doing)

Regina Caeli mengembangkan diri menjadi sekolah pilihan utama bagi umat lintas agama dan lintas latar belakang sosial-ekonomi di sekitarnya dengan:

a. Mengupayakan keunggulan spiritual (soul) melalui pengembangan kehidupan rohani (spiritual quotient) sesuai agama yang dianut setiap peserta didik kami ⇒ sanctitas

b. Mengupayakan keunggulan hati (heart) melalui pengembangan kecerdasan emosi (emotional quotient) dan kecerdasan sosial (social quotient) setiap peserta didik kami ⇒ sociabile

c. Mengupayakan keunggulan pikiran (mind) melalui pengembangan kecerdasan intelektual (intelectual quotient) setiap peserta didik kami ⇒ scientia

d. Mengupayakan keunggulan jasmani (body) melalui pengembangan kesehatan dan kebugaran fisik dan kinestetik setiap peserta didik kami ⇒ sanitas

 

1.3  Nilai inti organisasi

Semangat dan junjungan kami adalah:

 a. Kemurnian hati nurani dan kesahajaan sebagai perwujudan kasih dalam persaudaraan sejati dengan sesama manusia.

 b. Ketekunan dalam memperjuangkan kebaikan.

 c. Penghargaan terhadap setiap pribadi sesuai harkat dan martabat kemanusiaannya tanpa membedakan suku, agama, golongan, gender, dan status sosial ekonomi.

 Karena itu, kami yakin bahwa:

 d. Pendidikan adalah penyelamatan dan pembebasan umat manusia dari belenggu dan kesesakan dalam arti seluas-luasnya menuju kesempurnaan sejati.

 e. Sekolah adalah tempat persemaian. Sebagai tempat persemaian, bagi kami, sekolah bukanlah sekedar persiapan untuk hidup, tetapi adalah hidup itu sendiri. Oleh karena itu, suasana belajar dan suasana kerja yang aman, nyaman dan menyenangkan adalah perekat kebersamaan kami.

 f. Kesadaran belajar, penguasaan dan pembiasaan penerapan keterampilan belajar para siswa sama pentingnya dengan belajar itu sendiri untuk lebih menguasai keterampilan hidup.

 g. Keutamaan kami adalah penghargaan terhadap harkat dan martabat manusia, persaudaraan sejati, motivasi kerja yang tinggi, tanggung jawab, rasa memiliki, dan pertumbuhan kompetensi profesional komunitas pelayanan.

 h. Orientasi kami adalah kepuasan dan pemenuhan kebutuhan peserta didik, orangtua, dan masyarakat dari semua suku, agama, golongan, gender, dan status sosial-ekonomi.

 

1.4 Kekhasan dan keunggulan kami

 

Kami adalah sekolah umum dengan konsep modern. Kurikulum dan Pembelajaran kami merupakan integrasi antara kurikulum nasional dan global. Kami mendampingi peserta didik untuk tumbuh dalam hati nurani yang berkarakter kuat dari akar budaya bangsa dengan segala nilai luhur dan wawasan kebangsaannya sebagai pijakan menuju keunggulan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi secara global. Karena itu, kami menyediakan:

 · Penekanan nilai-nilai kemanusiaan pada setiap mata pelajaran dan bidang pengembangan;

 · Pemfokusan khusus pada pelajaran-pelajaran dengan benchmark internasional seperti Matematika, Sains, Ekonomi, dan Teknologi Informasi.

 · Pelajaran agama bagi setiap siswa sesuai agama yang dianut;

 · Secara bergradasi menurut jenjang, kami mengembangkan pembelajaran dari Bahasa Indonesia, bilingual, sampai berbahasa Inggris penuh;

 · Pengelolaan pendidikan dan pembelajaran kami secara kuat difasilitasi teknologi informasi sebagai enabler keunggulan.

 · SDM kami, mulai dari pengelola sampai tenaga guru, memiliki reputasi kualitas yang terbukti dari lembaga-lembaga pendidikan yang berkualitas dan berpengalaman.

 · Sekolah kami, secara bertahap, akan menuju pada sebuah center of excellence di mana semua kebutuhan pengembangan diri siswa tersedia dengan pengelolaan yang profesional baik kurikuler maupun ekstrakurikuler sehingga orangtua tidak perlu mengantar putra/putrinya ke berbagai tempat dalam kemacetan dan kepadatan untuk mendapatkan tempat-tempat pengembangan seperti bidang seni, olahraga, pendalaman penguasaan bidang akademis, maupun non-akademis serta bentuk-bentuk pengembangan anak/remaja lainnya.

 Sekolah kami berada dalam kompleks perumahan Metland Trans Yogi dengan konsep self-sufficient (kota mandiri) dengan segala sesuatunya yang serba ada mulai dari sarana hunian, perdagangan dan perkantoran, pusat perbelanjaan (Mall Metropolitan, Giant), pusat sarana-sarana ibadat, dan pasar modern.

Komentar